sifat yang akan menuntunmu menjadi pengusaha sukses
Sifat menuju sukses

Menjadi pengusaha memang bukan merupakan hal yang mudah, apalagi jika kita lakukan dari 0 (nol). Selain tidak hanya membutuhkan modal saja baik berupa fisik maupun psikologis, pengusaha pun membutuhkan resiko yang cukup  besar dalam dalam artian kegagalan dalam merintis.

Meski begitu,banyak dari para pengusaha yang mulai merintis karirnya dari kegagalan-kegagalan hingga membuatnya menjadi pengusaha yang besar. Kita lihat seperti Almarhum Bob Sadino, Chairul Tanjung ataupun lainnya. Jadi, janganlah takut dengan kegagalan dalam usaha karena itu adalah cara kamu untuk memperbaiki diri menuju sukses.

Kesuksesan mereka tidak terlepas dari sifat maupun bakat yang melekat pada mereka, sehingga sifat dan bakat tersebut mampumembuat mereka menuju tangga kesuksesan. Nah kita sudah ngobrolin tentang mereka nih, sekarang waktunya kita ke bahasan utama yaitu mengenai tanda ataupun sifat yang jika kamu milikinya, maka mungkin saja kamu adalah seorang calon pengusaha yang sukses. Aamiin

1. Menurutmu resiko/tantangan itu untuk dihadapi,bukan dihindari
Jika menurutmu resiko ataupun tantangan  itu  untuk dihadapi, bukan dihindari, maka kamu telah memiliki sifat untuk menjadi  pengusaha sukses. Hal itu dikarenakan didalam sebuah bisnis,kita akan menemui banyak persaingan, hambatan maupun tantangan baik itu dari luar maupun dari dalam. Dengan memiliki  sifat seperti ini, tidak ada alasan bagimu untuk mundur dong ?? Justru kamu malah lebih menikmatinya dan menganggap itu  sebagai tantangan untukmu.

2. Keuletan yang ada didalam diri yang membuatmu tetap bangkit meski gagal berkali-kali
            Pada dasarnya, keuletan dibutuhkan oleh setiap orang untuk mendorong hasratnya agar terus maju. Begitupun para pengusaha yang mungkin sering gagal, namun dengan keuletannya serta memperbaiki cara berusaha, maka keuletannya  itu akan mengantarkannya kepada gerbang kesuksesan. Contohnya saja Bpk Chairul Tanjung

3. Tetap percaya pada kemampuanmu meski orang-orang disekitar meremehkanmu. 
            Percaya diri merupakan sifat wajib dimiliki apalagi bagi para pengusaha karena mereka akan menggunakan kepercayaan dirinya untuk menggapai visi dan misi mereka untuk meraih sukses. Abaikanlah orang disekeliingmu jika mereka meremehkan usahamu. Percayalah pada kemampuanmu karena adakalanya  seseorang itu butuh idealisme disaat yang tepat. Nah pengusaha sukseslah yang mampu mampu mengidealismekan dirinya diwaktu yang tepat. Jika kamu menyadari memiliki kemampuan ini, maka bersiaplah unntuk menjadi pengusaha yang sukses.

4. Mudah beradaptasi pada setiap keadaan
            Meski trend pasar mudah ditebak dan diciptakan, namun tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi dengan perekonomian dalam beberapa tahun kedepan. Disnilah kamu dituntut untuk mampu beradaptasi pada setiap keadaan baik saat ekonomi sedang kuat maupun ketika sedang lesu. Contoh gampangnya bagi kita-kita yang masih kuliah sih ada saat-saat dimana tugas kuliah lagi sedikit dan ada saat dimana tugas kuliah sangat banyak. Disitulah kamu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan keadaan yang mengharuskanmu untuk berusaha.

5. Memiliki keingintahuan/penasaran yang tinggi
            Kamu suka kepo ?? pengusaha juga suka kepo, tapi beda keponya sama kamu. Pada dasarnya, pengusaha itu ingin tahu tentang cara memecahkan masalah kehidupannya serta meringankan beban hidupnya. Hal ini pun juga terjadi pada setiap manusia, namun cara penyelesaian masalahnya yang berbeda. Para pengusaha memiliki keingintahuan atau penasaran yang tinggi terhadap solusi yang ia buat dari permsalahan yang membelenggunya. Rasa penasaran itu membantunya  untuk berinovasi, menemukan strategi baru, meningkatkan kreatifitas hingga mampu membuatnya  untuk menjemput kesuksesan engan cara yang cool :D

6. Selalu gatal untuk membenahi system atau keadan yang tidak berjalan dengan baik
Kamu tahu gak sih kalo para pengusaha itu suka gelisah ? namun gelisah dalam artian yang positif, bukan delisah karena hutang (mungkin juga salah satunya sih hhe). Mereka mudah resah ketika melihat pegawainya gak bisa bekerja engan efektif atau seperti  yang mereka inginkan. Mereka juga akan gelisah ketika ada perusahaan yang memonololi dan menguasai pangsa pasar, sehingga dia akan membuat usaha baru untuk menjadi pesaing. Para pengusaha juga resah ketika melihat bisnisnya tersendat atau mengalami hambatan dalam meraih profit, sehingga membuatnya untuk terjun langsung dan membetulkannya.

7. Selalu ingin keluar dari zona nyaman dan mencoba tantangan baru 
           Sifat seperti ini yang masih menjadi momok bagi sebagian besar orang. Banyak pekerja kantoran atau lainnya yang sudah merasa nyaman dengan pekerjaannya serta gaji yang ia dapat. Saya pribadi selalu teringat dengan kata-kata Alm Bob Sadino “orang kerja make dasi, make sepatu kulit, make jas, datang pagi pulang kadang malem dan gak boleh telat. Itu kerja apa dikerjain?”. 

          Harus kamu ingat, Biasanya pengusaha itu memiliki style atau cara tersendiri dan gak terlalu suka diatur, makanya mereka lebih baik mendirikan usaha sesuai passionnya daripada harus bekerja untuk orang lain. Contoh gampangnya beliau. Perlu diingat juga bahwa jika ingin keluar dari zona nyamanmu, siapkan nyali yang besar, karena nyali yang ciut gak akan membuatmu memiliki keinginan seperti ini dan jikalau pun ingin, maka kamu akan terhantui dengan ketakutan akan resiko.


Baca juga :

14 Sifat ini akan menuntuntunmu menjadi pengusaha sukses (2)